Saturday, February 25, 2012

Meru Betiri Service Camp XIII - Part 3 : Perjalanan ke Sukamade, TNMB

Meneruskan cerita yang sempat tertunda lama. Dalam bagian ini saya akan bercerita tentang perjalanan dari Balai TNMB ke Sukamade, TNMB. Di hari kedua saya di Jember ini adalah  hari pertama dalam rangkaian kegiatan Meru Betiri Service Camp. 


Pagi-pagi setelah bangun tidur, sejumlah peserta banyak yang berdatangan dan kami mulai dikumpulkan oleh panitia untuk registrasi dan kemudian pembagian fasilitas. Baru setelah itu kita semua berangkat ke Sukamade, TNMB dengan naik truk yang sudah disediakan.


Perjalanan menuju Sukamade merupakan perjalanan pertama saya ke sana. Jadi saya tidak tahu bagaimana dan seberapa lama perjalanan ke sana. Tapi beberapa orang bilang kalau perjalanan ke Sukamade memakan waktu sekitar 4 jam dengan kondisi jalan separuh perjalanan mulus dan separuhnya lgi hancur. Karena saya tidak pernah tahu, jadi saya percaya-percaya saja.


Setelah menempuh perjalanan yang ternyata lebih dari 4 jam, yakni 6 jam lebih. Kami sampai di Sukamade, tempat kegitan MBSC ini dilaksanakan. Cerita mengenai kondisi jalan yang separuh mulus dan separuhnya lagi hancur terbukti. Separuh perjalanan yang mulus ditempuh  hanya dua jam saja, dan separuhnya lagi yang hancur ditempuh selama 4 jam. Selama perjalanan itu kami juga berhenti untuk makan siang di suatu tempat sebelum masuk kawasan TNMB yang saya lupa namanya. Di sana saya menikmati sekali makan siang yang hanya sebungkus itu karena dari pagi belum sarapan.


Setelah tenda berdiri, setiap peserta menancapkan bendera masing-masing organisasi.
Di Sukamade, kami dikumpulkan kembali untuk pembagian kelompok berdasarkan jumlah tenda. Karena kami akan tidur di dalam tenda, setiap orang harus mendapatkan kelompok dalam satu tenda. Setelah semuanya dipastikan mendapatkan kelompoknya masing-masing kami mulai mendirikan tenda dan kemudian bersantai-santai.


===
Foto diambil dari sini

0 komentar:

Post a Comment