Google - Web History

Baru tahu kalo di google ada fitur seperti ini. 

Ceritanya, pas lagi iseng-iseng menelusuri fitur yang ada di google (siapa tahu ada fitur baru yang belum diketahui dan karena udah bosen internet-an gak tau mau ngapain lagi), tiba-tiba aku ketemu sama fitur yang satu ini. Penasaran, aku pun menelusuri. 
Setalah terbuka, terpampang sejarah browsing di search engine ini. Apa saja yang aku cari selama ini, terpampang jelas di situ. Oh ya, Google -Web History merupakan fitur dari google yang merekam jejak searching (browsing) di web. Setelah melihat-lihat dan mengamati, hanya orang tertentu yang bisa merasakan fitur ini. Ya, hanya user yang punya akun di google yang bisa memanfaatkan fitur ini. 

Cara kerjanya, google akan merekam semua aktifitas pencarian di mesin pencarinya yang kita lakukan. Dan menandai dengan tanggal kapan saja kita menggunakan mesin pencarinya. Namun begitu, hanya user yang log in yang bisa memakainya. Setiap user yang ter-log in akan secara otomatis terekam aktifitasnya.

Di google web history ini kita juga bisa menghapus "sejarah" yang tidak kita inginkan. Caranya pun seperti menghapus e-mail.

Melalui google web history ini juga aku teringat lagi dengan masa laluku. Dengan apa saja yang pernah kucari di google. Ternyata aku sudah terdaftar dan log in di google sejak Oktober 2007. Setelah itu, berbulan-bulan tidak ada jejak di di web history-nya google. Baru ada lagi bulan Februari 2008. Lama sekali, selama itu aku mungkin tidak pernah log in ke google atau bahkan aku tidak pernah tersambung ke internet (maklum, dulu baru kenal internet dan internet pun masih mahal, itu pun di warnet). Dan sekarang aku sudah lupa kemana saja aku waktu itu. Semenjak Februari 2008 itu, rekaman jejakku di google semakin sering dan selalu ada tiap bulan. Dan sekitar satu tahun ini. Hampir setiap hari riwayatku tercatat oleh google.

0 komentar:

Post a Comment

My Instagram